Punya Modal Kecil Namun Mau Investasi? Yuk Coba Reksa Dana

23 April 2021


reksa dana menawarkan kemudahan dan kesederhanaan dalam berinvestasi


Investasi reksa dana menjadi salah satu alternatif instrumen investasi aset keuangan yang populer pada saat ini. Menariknya, investasi ini bisa dilakukan oleh investor dengan modal kecil dan minim pengetahuan tentang investasi.

Dalam penggambaran singkatnya, reksa dana merupakan aktivitas menghimpun dana dari investor atau pemodal untuk diinvestasikan ke portofolio efek oleh manajer investasi dan dikelola secara profesional.

Momen pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dari perusahaan pada 2021 bisa Anda manfaatkan untuk mulai terjun ke reksa dana. Sebab, reksa dana menawarkan kemudahan dan kesederhanaan dalam berinvestasi. Reksa dana semakin disukai oleh masyarakat terutama anak muda karena sudah bisa dimulai hanya dengan modal Rp100 ribu. 

Selain itu, investasi reksa dana likuid atau mudah dicairkan. Jadi, masyarakat dapat mencairkan dana di instrumen ini kapan pun tanpa harus menunggu periode waktu tertentu. 

Nah, karena sifatnya yang likuid, instrumen reksa dana terutama reksa dana pasar uang dinilai oleh sebagian kalangan cocok digunakan untuk menyimpan dana darurat, terutama selama pandemi seperti sekarang ini.

Baca Juga
5 Keunggulan Investasi Reksa Dana
Langkah Mudah dalam Melakukan Investasi Reksa Dana

Akan tetapi, Anda pantang untuk sekadar ikutan tren. Mempelajari jenis-jenis investasi reksa dana wajib dilakukan. Misal, Anda merasa tetap membutuhkan dana besar selama musim Lebaran, pilihlah instrumen yang cukup likuid. Untuk di reksa dana, opsi utamanya adalah produk reksa dana pasar uang.

Kenali Risiko
Apakah investasi di reksa dana ada risiko? Setiap investasi memiliki karakteristik, potensi keuntungan serta risiko kerugian, termasuk di investasi reksa dana.

Risiko jika berinvestasi di reksa dana:
• Risiko Likuiditas
Risiko ini dapat terjadi bila terdapat penjualan kembali secara serentak oleh para pemodal (redemption rush) dan Manajer Investasi mengalami kesulitan menjual portofolio dalam jumlah besar dengan segera

• Risiko Investasi
Harga Efek terutama saham dapat naik maupun turun dengan cepat. Apabila efek saham yang terdapat dalam portofolio turun maka Nilai Aktiva Bersih (NAB) dari setiap unit penyertaan reksa dana akan turun. Ada kemungkinan  NAB Unit Penyertaan pada saat-saat tertentu akan lebih rendah dari NAB pada waktu membeli.

Memilih Penyedia Investasi
Sequis Asset Management menjadi salah satu lembaga penyedia instrumen reksa dana yang dapat dipercaya untuk membantu Anda mendapatkan imbal dari investasi reksa dana. 

Baca Juga
Langkah Investasi Reksa Dana yang Harus Dipahami
Potensi Keuntungan Berinvestasi Reksa Dana

Selain menyediakan produk proteksi yang beragam, Sequis juga merupakan penyedia investasi reksa dana yang dapat diandalkan karena didukung oleh Manajer Investasi (MI) yang profesional. Buat yang ingin memulai investasi reksa dana, jangan lupa kunjungi website www.sequis.co.id atau untuk pembukaan rekening, Anda bisa menghubungi care@sequisam.co.id  Anda juga bisa melihat tips dari Sequis agar bisa cari cuan dari investasi reksa dana di video berikut ini
 

Butuh bantuan ?