Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tahun Baru, Saatnya Evaluasi Manfaat Asuransi Anda

4 Januari 2024



Mumpung masih awal tahun, ayo segera evaluasi manfaat asuransi yang Anda punya. Apakah uang pertanggungan masih sesuai dengan kebutuhan? Ataukah ada penambahan anggota keluarga sehingga manfaat asuransi kesehatan keluarga perlu ditingkatkan? 

Semua asuransi yang Anda miliki sebaiknya dicek secara berkala.,Paling tidak setahun sekali. Sebab, perubahan hidup biasanya dialami oleh seseorang tiap tahun. Jadi dengan melakukan evaluasi, Anda bisa memastikan asuransi yang dimiliki masih sesuai kebutuhan. Bila kebutuhan Anda lebih besar dari manfaat asuransi yang saat ini dimiliki, usahakan melakukan peningkatan manfaat asuransi atau mencari asuransi lain yang sesuai dengan kebutuhan. Lantas, hal apa saja yang biasanya memengaruhi seseorang untuk evaluasi polis asuransi?

Baca Juga: Polis Asuransi: Pengertian, Fungsi, dan Isi Polis

1.    Ketika ada penambahan anggota keluarga baru 
Menikah, memiliki anak, bercerai, bahkan kematian anggota keluarga menjadi beberapa perubahan kehidupan yang dialami seseorang. Perubahan-perubahan itu akan memengaruhi Uang Pertanggungan (UP) asuransi jiwa dan manfaat asuransi kesehatan yang Anda miliki. 

Anda perlu meningkatkan UP dan manfaat asuransi kesehatan bila ada penambahan anggota keluarga baru seperti penambahan anak. Sebaliknya, bila ada pengurangan anggota keluarga, itung ulang UP dan manfaat asuransi kesehatan yang ada. Silakan revisi UP dan manfaat yang didapat bila dirasa sudah melebihi kebutuhan. 

2.    Memperhatikan kemampuan finansial 
Kemampuan finansial seseorang berubah seiring kenaikan gaji atau perkembangan bisnis. Momen ini juga bisa menjadi ajang untuk evaluasi polis. Ketika penghasilan bertambah, Anda perlu mempertimbangkan menambah proteksi. Sebaliknya, Anda disarankan evaluasi polis dan membayar premi yang lebih rendah bila dirasa finansial sedang buruk akibat bisnis yang sedang lesu. Meski begitu, tetaplah mengalokasikan dana yang cukup untuk asuransi apapun kondisi finansial yang Anda hadapi. 

3.    Kondisi utang piutang
Pastikan semua utang yang Anda miliki dilindungi oleh asuransi jiwa. Hal ini agar keluarga tidak terjerat utang bila kepala keluarga tutup usia selama periode utang masih berjalan. Bila Anda memiliki utang dari Lembaga pembiayaan seperti bank, besar kemungkinan kredit Anda akan terlindungi oleh asuransi jiwa kredit. 

Namun bila akses utang tersebut dari kerabat, rekan kerja, maupun investor, atau pihak lain yang tidak ada asuransi jiwa kredit maka Anda perlu membeli asuransi jiwa swasta. Pilih UP asuransi jiwa yang besarannya dapat menutup jumlah utang yang sedang Anda miliki. Berjalannya waktu, pokok utang tentu akan berkurang maka Anda perlu mengurangi UP asuransi jiwa yang digunakan untuk melindungi utang tersebut.

Baca Juga
Istilah Penting dalam Polis Asuransi Jiwa
Serba-serbi Polis dan Tata Cara Tutup Polis Asuransi
Kiat-kiat Memahami Polis Asuransi Pendidikan Anak
Sudah Terima Polis? Jangan Lupa Manfaatkan Free Look Period
Kapan Waktu yang Tepat Mengevaluasi Polis Asuransi Jiwa?

4.    Perhatikan inflasi biaya rumah sakit 
Anda perlu mencermati lingkup perlindungan manfaat asuransi kesehatan. Ada kemungkinan asuransi kesehatan yang Anda beli lima tahun lalu tidak bisa lagi menanggung manfaat yang sama saat ini . Jadi Anda juga perlu mengecek perkembangan harga kamar untuk rawat inap dan tindakan kesehatan yang saat ini berlaku di kota tempat Anda tinggal. Sesuaikan manfaat asuransi kesehatan yang Anda miliki dengan kenaikan biaya medis tersebut. Kecuali bila Anda merasa masih cukup dengan turunnya manfaat asuransi tersebut. 

5.    Perubahan gaya hidup
Perubahan gaya hidup bisa menjadi salah satu pertimbangan ketika melakukan evaluasi asuransi secara berkala. Ketika Anda pertama kali bekerja dan baru memiliki asuransi kesehatan, mungkin Anda tidak masalah bila menggunakan manfaat rawat inap kelas III. Seiring dengan perbaikan kondisi finansial mungkin Anda ingin manfaat rawat inap yang lebih baik lagi seperti kamar VIP. 

Jadi, sudahkah Anda mulai menevaluasi anfaat asuransi yang Anda miliki? Bila belum, segera mulai dari sekarang. Belum punya asuransi? Anda bisa mencarinya melalui www.sequis.co.id. Sequis memiliki rangkaian asuransi jiwa dan kesehatan yang luas dan sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. 

Anda hanya tinggal pilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Klik www.sequis.co.id dan bila Anda memiliki pertanyaan Anda bisa hubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929, WhatsApp ke 08111 33 2222 atau email ke care@sequislife.com. setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB. Mau tahu lebih detail mengenai produk yang Anda pilih? Anda bisa hubungi tenaga pemasar Sequis melalui fitur Find Agent. 

Butuh bantuan ?