Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tahun Baru, Waktu Tepat untuk Evaluasi Polis Asuransi Jiwa

12 Desember 2023



Mengevaluasi polis asuransi jiwa secara berkala memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk memastikan perlindungan yang ada di polis sesuai dengan kebutuhan. Idealnya, evaluasi polis dilakukan setahun sekali atau ketika terjadi perubahan dalam tahap kehidupan seseorang seperti menikah, memiliki anak, naik gaji, dan sebagainya. 

Kebutuhan asuransi ketika Anda masih lajang tentu berbeda dengan ketika sudah menikah dan memiliki anak. Sama dengan seseorang yang baru pertama kali bekerja dan ketika sudah menduduki level yang lebih tinggi, memiliki kebutuhan proteksi yang tentunya berbeda. Karena itulah mengapa pemegang polis periu meninjau polis asuransi jiwa secara berkala. 

1.    Perlindungan sesuai kebutuhan 
Setiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda saat menginjak suatu tahapan kehidupan. 

-    Perubahan status perkawinan
Perubahan status dari lajang menjadi menikah akan memengaruhi kebutuhan perlindungan. Yang tadinya untuk diri sendiri, menjadi perlindungan untuk pasangan, sehingga premi pun akan meningkat. Begitu juga sebaliknya, perubahan status dari menikah menjadi bercerai menyebabkan kebutuhan perlindungan bisa berkurang sehingga premi bisa berkurang. 

-    Perubahan dari tanpa anak menjadi memiliki anak
Kebutuhan perlindungan tersebut akan bertambah, uang pertanggungan (UP) pada polis asuransi jiwa tentu akan bertambah. Hal ini termasuk juga perlindungan kesehatan untuk anak. 

-    Anggota keluarga tutup usia
Peristiwa ini tentunya akan mengubah kebutuhan perlindungan atas pencari nafkah atau jumlah tanggungannya

-    Pertumbuhan penghasilan 
Karir yang meningkat dapat menyebabkan gaya hidup yang juga berubah. Hal ini perlu disertai evaluasi polis asuransi jiwa, sehingga perlindungan untuk keluarga di masa depan dapat disesuaikan dengan nilai gaya hidup.

Baca Juga
Produk Asuransi Unit Link yang Diminati oleh Masyarakat
Tips OJK Agar Masyarakat Beli Asuransi Unit Link yang Tepat
8 Istilah Penting di Asuransi Jiwa Unit Link
Asuransi Ada Banyak, Mana yang Harus Dimiliki Lebih Dulu?
Manfaat Utama Asuransi Kesehatan, Jiwa, dan Unit Link

-    Risiko perubahan gaya hidup cenderung tidak sehat 
Hal ini membuat risiko Anda terkena penyakit kritis semakin besar. jadi itulah perlunya melengkapi polis asuransi jiwa Anda dengan asuransi penyakit kritis pada saat Anda masih dalam keadaan sehat. 

-    Perubahan status pekerjaan dari karyawan menjadi pengusaha
Pada tahapan ini memerlukan UP pada asuransi jiwa yang meningkat, seiring dengan bertambahnya risiko ketidakpastian finansial yang dihadapi keluarga.  

2.    Menghindari Polis Lapse
Evaluasi polis juga bertujuan agar pemegang polis menyadari polis asuransi jiwa yang dimiliki masih aktif atau tidak. Hal ini untuk menghindari lapse karena adanya kelalaian dalam pembayaran premi. 

3.    Untuk mengingatkan kembali syarat klaim 
Evaluasi polis dilakukan agar nasabah juga bisa membaca kembali syarat-syarat yang ada dalam buku polis misalnya seperti pengajuan klaim, pengecualian manfaat asuransi, dan sebagainya. Dengan membaca kembali manfaat asuransi dalam polis, bisa menjadi sarana Anda untuk menyesuaikan kembali nilai perlindungannya, disesuaikan dengan kebutuhan hidup terkini. ‘

Bagaimana? Sudah paham mengenai pentingnya evaluasi polis asuransi jiwa Anda secara berkala? Segera evaluasi polis Anda! Bila ada pertanyaan, Anda bisa menghubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929, WhatsApp ke 08111 33 2222 atau email ke care@sequislife.com. setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB.

Butuh bantuan ?