Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tips Mengatur Keuangan Usai 'Jor-joran' saat Masa Liburan

12 April 2023



Perayaan Hari Raya Idul Fitri sudah berlalu. Namun biasanya, liburan Hari Raya menimbulkan dampak yang cukup rumit untuk finansial keluarga. Lantaran sudah ‘jor-joran’ selama liburan, finansial keluarga biasanya bergejolak selama beberapa pekan setelah Lebaran. Akibatnya beberapa rencana finansial harus ditunda.

Lantas apa yang bisa Anda lakukan untuk menyikapi hal ini? Satu solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan analisis keuangan berikut ini:

Mencatat Pemasukan & Pengeluaran Pasca Liburan
Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan mencari ‘penyakit’ keuangan yang biasanya timbul pasca liburan. Cara termudah adalah dengan merinci, mencatat pemasukan dan pengeluaran pasca liburan. Bila ada uang lebih, usahakan jangan langsung digunakan. Tabung uang tersebut atau gunakan untuk bayar utang/kartu kredit bila memang ada.

Baca Juga
Libur Panjang Telah Tiba: Saatnya Liburan Bersama Keluarga
Gaji Hangus saat Musim Liburan? Perhatikan 3 Hal Ini
Tips Belanja yang Sehat saat Musim Liburan
Tips Menyusun Bujet untuk Liburan, Biar Nggak Boncos
Siapkan Dana Liburan 2025 dengan Investasi Jangka Panjang

Evaluasi Dana Darurat
Ada dana darurat yang terpakai saat masa lebaran? Bila ada, sebaiknya gunakan gaji pada bulan berikutnya untuk disisihkan ke pos dana darurat. Idealnya, dana darurat yang Anda miliki adalah enam kali dari pengeluaran rutin bulanan Anda.

Hindari Penggunaan Kartu Kredit
Usahakan jangan menggunakan kartu kredit untuk biaya konsumtif pasca lebaran. Justru yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah membayar utang bila ada tagihan kartu kredit yang digunakan selama masa liburan.

Susun Dengan Bijak Rencana Pengeluaran Masa Depan
Setelah berhasil melakukan semua hal itu,  segera susun rencana pengeluaran Anda untuk beberapa bulan berikutnya. Agar lebih disiplin sebaiknya tempatkan alokasi dana di beberapa pos pengeluaran termasuk pos untuk asuransi serta investasi.

Butuh bantuan ?