Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Cermat Memilih Asuransi Jiwa Agar Tak Salah Pilih Produk

18 November 2022



Asuransi Jiwa memberikan perlindungan kepada ahli waris dalam bentuk Uang Pertanggungan (UP) atas risiko yang dialami Tertanggung. Jadi, bekal UP tersebut membuat ahli waris bisa melanjutkan hidup tanpa harus dihantui masalah keuangan bila Tertanggung sebagai pencari nafkah harus berhenti dari pekerjaan akibat sebuah musibah atau meninggal dunia.

Meski dijanjikan manfaat yang besar, calon nasabah pantang untuk tergesa-gesa dalam memilih produk asuransi jiwa. Sebab, salah memilih bisa membuat nasabah tidak mendapatkan manfaat asuransi jiwa secara maksimal.

Berikut ini beberapa hal yang harus dicermati agar mendapatkan manfaat asuransi jiwa secara optimal.

Menentukan Tertanggung Secara Tepat
Kadang, ada yang menjadikan anak sebagai Tertanggung. Ini poin penting yang harus diluruskan. Tertanggung adalah orang atau pihak yang mendapatkan jaminan kerugian dari perusahaan asuransi jiwa ketika terjadi risiko. Dalam asuransi jiwa, Tertanggung adalah kepala keluarga yang memiliki nilai ekonomi atau pencari nafkah utama. Sedangkan istri dan anak adalah ahli waris atau penerima manfaat.

Baca Juga
Butuh Asuransi Penyakit Kritis Terbaik? Cek Rekomendasi Ini
Asuransi Kesehatan di Tengah Beragam Penyakit dan Virus
Pertanyaan Sering Diajukan Tentang Cashless Asuransi Sequis

Jangan Terburu-buru Menutup Polis Lama
Jangan langsung tergesa-gesa menutup polis lama ketika tertarik dengan tawaran polis baru. Setidaknya, jangan ditutup sebelum polis asuransi jiwa yang baru sudah diterbitkan dan berlaku. Menutup polis lama saat polis baru belum diterbitkan bisa berakibat fatal. Jika Anda mengalami musibah atau terjadi risiko ketika sudah kadung menutup polis lama dan polis asuransi jiwa yang baru belum aktif maka Anda sudah pasti Anda tidak akan mendapatkan manfaat UP dari kedua asuransi.

Baca Juga

Makin Muda, Makin Murah Premi Asuransi Kesehatan Anda
Informasi Bagi yang mencari Asuransi Kesehatan dari Sequis
Asuransi yang Sebaiknya Dimiliki Pasangan Ingin Menikah

Cermati Produk Asuransi Tambahan
Ada kemungkinan pihak agen asuransi akan menawarkan produk asuransi pelengkap (rider) ketika Anda sedang dalam tahap membeli produk asuransi jiwa. Jadi, sebaiknya pelajari terlebih dahulu kebutuhan Anda untuk saat ini dan masa depan serta kesanggupan membayar premi sebelum menyanggupi mengambil asuransi tambahan. Pilih asuransi tambahan yang betul-betul sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko Anda.

Hanya Memperhatikan Biaya Premi
Biasanya orang akan membandingkan premi dari setiap produk asuransi jiwa sebelum menentukan pilihan. Padahal premi bukan satu-satunya hal yang perlu diperhatikan. Hal lain yang perlu diperhatikan di antaranya besarnya UP, manfaat asuransi, dan reputasi perusahaan asuransi. Jadi, usahakan jangan memilih asuransi jiwa karena tergiur dengan premi murah yang ditawarkan.

Dengan penjelasan tersebut Anda diharapkan bisa lebih paham tentang cara memilih asuransi sehingga tidak salah pilih asuransi jiwa. Sequis memiliki beragam produk asuransi jiwa dan agen Sequis siap membantu Anda dalam memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Butuh bantuan ?