Kasus Menurun, Waspada Anak Tertular Covid-19 saat Lebaran


Sumber Foto: Kompas.com


Virus covid-19 varian omicron bisa menyerang siapa saja. Termasuk anak-anak. Buktinya, sudah banyak anak Indonesia dan di dunia yang harus menelan pil pahit tertular virus asal Kota Wuhan, Tiongkok tersebut. 

Data tersebut harus disikapi dengan bijak oleh para orang tua. Walau penularan virus covid-19 sedang menurun, orang tua harus tetap waspada dan kans untuk terserang virus harus bisa diminimalkan apalagi anak-anak bakal sering bertemu orang asing saat ibadah Solat Idul Fitri serta bercengkrama dengan sanak keluarga di kampung halaman selama momen lebaran. 

Intinya, orang tua tak boleh lengah selama momen lebaran kali ini. Keharuan dan sukacita bisa mudik tetap harus dibarengi dengan sikap kewaspadaan.  Setidaknya, orang tua perlu mengenali gejala-gejala yang timbul bila anak terpapar virus covid-19 varian omicron. Pada dasarnya, gejala omicron di anak mirip dengan flu karena penyakit ini menyerang saluran pernapasan atas. Beberapa gejalanya adalah batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan badan demam.

Baca Juga
Hal yang Perlu Diketahui Tentang Covid-19 Varian Omicron
Bukan untuk Pamer di Medsos, Kenali Jenis Gangguan Mental
Covid-19 Omicron Masuk Indonesia, Asuransi Makin Diminati

Segera ke Puskesmas atau ke dokter bila anak mengalami gejala-gejala tersebut. Pantang bagi orang tua untuk panik dan memberikan sembarang obat. Obat yang bukan anjuran dokter ditakutkan memberikan efek samping berlebihan di tubuh anak.

Lindungi Anak dari Covid-19
Orang tua wajib melindungi anak dari serangan virus covid-19 selama momen lebaran kali ini. Ingat virus covid, terutama varian omicron mudah menular. Jadi, orang tua disarankan untuk tetap menjaga protokol kesehatan anak ketika berada di keramaian seperti saat mengajak anak belanja baru ke mal atau ke  tempat-tempat lain dengan ventilasi tertutup.

Orang tua juga harus memastikan anak mendapatkan dua kali vaksinasi covid-19 dan vaksinasi booster. Dengan begitu, anak jadi punya kekuatan untuk melawan virus covid-19 selama beraktivitas pada momen lebaran karena daya tahan tubuh sudah semakin meningkat.

Baca Juga
Omicron Tiba, Yuk Lindungi Diri dan Rutin Konsumsi Vitamin C
Sudah WFO? Benarkah Covid-19 Mudah Menyebar di Ruangan AC?
Di PHK saat Pandemi Covid-19? Yuk Atur Ulang Keuangan
Lakukan Hal Ini Agar Virus Covid-19 Tak Muncul saat WFO

Terakhir, usahakan lindungi anak dengan asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan akan menjadi penolong buat orang tua ketika masa darurat. Misal anak mendadak terinfeksi covid-19 dan anak harus dirawat di rumah sakit. Ketika momen tidak terduga itu tiba, orang tua tidak perlu panik karena asuransi kesehatan bakal memastikan anak mendapat perawatan optimal di rumah sakit. Selain itu, orang tua tidak perlu merogoh tabungan atau sampai mencari dana tambahan karena biaya rumah sakit sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Cari informasi ragam asuransi kesehatan untuk anak di www.sequis.co.id atau hubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929 dan WhatsApp ke 08111 33 2222 atau email ke care@sequislife.com setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB.

Butuh bantuan ?