Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Mau Berasuransi? Ini Uang yang Harus Disiapkan

24 November 2022



Ada dua macam asuransi kesehatan di Indonesia. Pertama asuransi kesehatan yang dipayungi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Kedua, asuransi kesehatan swasta. Keduanya memiliki perbedaan dari segi manfaat yang diberikan maupun harga iuran wajibnya.

BPJS Kesehatan memiliki tiga tingkatan kelas yang membedakan fasilitas dan juga jumlah iuran per bulan. Perbedaan kelas ini dimaksudkan agar semua kalangan masyarakat memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan jaminan kesehatan oleh negara. Tiga tingkatan BPJS membedakan fasilitas kamar rawat inap di rumah sakit. Namun tidak membedakan layanan dokter maupun obat-obatan yang diberikan. Masyarakat yang memilih kelas I BPJS diwajibkan untuk membayar iuran sebesar Rp150 ribu, kelas II sejumlah Rp100 ribu, dan kelas III adalah paling murah, yaitu Rp35 ribu setiap bulan.

Asuransi kesehatan swasta lebih kompleks dibandingkan BPJS Kesehatan. Sebab, ada banyak produk yang ditawarkan dengan manfaat yang sangat beragam dan tingkatan harga premi yang berbeda-beda. Perlindungan dengan manfaat yang maksimal tentunya memiliki premi yang lebih mahal. Sebaliknya, proteksi dengan manfaat yang lebih sedikit memiliki harga premi lebih murah.

Baca Juga
Alasan Penting Perlu Memiliki Dana Darurat
Rekomendasi Asuransi Kesehatan untuk Usia 25-40 Tahun
Dihantam Pandemi, Sequis Life Tetap Raih Banyak Penghargaan
 

Selain jumlah manfaat yang diambil, beberapa faktor ini juga memengaruhi premi asuransi kesehatan:

1.    Usia
Premi asuransi kesehatan orang yang lebih muda akan lebih murah ketimbang seseorang yang baru memiliki asuransi kesehatan saat berusia tua. Sebab, orang yang lebih tua memiliki risiko kesehatan lebih tinggi sehingga nilai preminya juga menjadi makin mahal.  

2.    Kondisi/riwayat kesehatan
Kondisi kesehatan Anda bakal menentukan harga premi. Biaya premi bakal mahal bila Anda pernah sakit berat atau memiliki penyakit bawaan. Kemungkinan lain adalah perusahaan asuransi tidak menanggung biaya kesehatan/biaya rumah sakit yang ditimbulkan oleh penyakit bawaan atau komorbid tersebut.  

3.    Gaya hidup
Gaya hidup serta hobi yang Anda jalani bakal memengaruhi harga premi. Seseorang yang hobi berolahraga ekstrem atau punya kebiasaan merokok harus membayar premi asuransi kesehatan lebih mahal. Sebab tipe orang seperti itu dianggap memiliki risiko sakit/kecelakaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak merokok dan tidak memiliki hobi ekstrem.

Ada beberapa perusahaan asuransi yang menyediakan produk perlindungan kesehatan dengan premi di bawah Rp200 ribu per bulan. Salah satunya asuransi kesehatan Sequis Super Easy Health. Produk milik Super You by Sequis Online ini menawarkan perlidungan kesehatan hingga Rp1 miliar dan dapat dimiliki dengan membayar premi Rp135 ribu per bulan. Sequis Super Easy Health memberikan perlindungan menyeluruh untuk perawatan medis, di antaranya menanggung biaya rawat jalan sebelum dan sesudah rawat inap serta kebutuhan rawat inap.

Baca Juga
Asuransi yang Sebaiknya Dimiliki Pasangan Ingin Menikah
Nasabah Sequis Telah Merasakan Manfaat SQIMC Rider X Booster
Premi dan Biaya yang Wajib Dibayar di Asuransi Unit Link

Sequis Super Easy Health juga memiliki berbagai manfaat lainnya, seperti biaya ICU, biaya rawat jalan untuk kemoterapi, radioterapi, fisioterapi, terapi okupasi, hemodialisa, dan biaya rawat jalan darurat (termasuk perawatan gigi) akibat kecelakaan.

Apapun asuransi yang Anda pilih, jaminan kesehatan dari pemerintah maupun swasta memiliki tujuan untuk menghindarkan masyarakat dari kerugian finansial akibat risiko kecelakaan maupun sakit yang bisa datang kapan saja. Jadi, sepatutnya setiap individu menyambutnya dengan tangan terbuka demi kebaikan diri dan keluarga. Urusan premi selayaknya tidak menjadi masalah lagi karena telah tersedia produk-produk asuransi kesehatan dengan premi yang telah disesuaikan dengan daya beli masyarakat Indonesia.

Butuh bantuan ?