Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Penjelasan Mengenai Reksa Dana dan Contoh Produknya

3 November 2022



Investasi reksa dana makin digandrungi oleh masyarakat. Terutama oleh kalangan anak muda yang ingin berinvestasi secara mudah dan bisa dilakukan dengan modal minim. Dalam praktiknya, calon investor menentukan produk reksa dana yang ingin dibeli. Setelah itu, modal investor (modal awal bisa dimulai dengan nominal Rp100 ribu) bakal dikelola oleh manajer investasi. Nantinya, manajer investasi memiliki kewenangan untuk memilih saham atau surat berharga yang tepat untuk investor.

Sama seperti investasi di instrumen lainnya, investasi di reksa dana juga memiliki risiko. Namun, risiko di reksa dana tidak sebesar investasi saham atau investasi di bidang properti.

Produk Reksa Dana
Produk investasi reksa dana sangat beragam. Sebaiknya, pahami dulu jenis dan profil risikonya agar bisa mendapatkan profit yang optimal.

1.    Pasar Uang
Jenis reksa dana ini mempunya risiko rugi paling kecil dibanding produk reksa dana lainnya. Tetapi, hasilnya juga paling kecil. Adanya diversifikasi penempatan modal di instrumen keuangan yang berbeda-beda makin membuat produk investasi ini minim risiko rugi.

Dengan memilih instrumen ini, modal investor akan dialokasikan ke instrumen pasar uang yaitu  surat berharga yang memiliki jatuh tempo sekurang-kurangnya satu tahun. Contohnya surat utang yang diterbitkan negara maupun perusahaan ataupun deposito.

Baca Juga
Rekomendasi Investasi Reksa Dana Usai Ancaman Covid-19 Reda
Pilihan Investasi Jangka Pendek yang Layak Dicoba pada 2022
Investasi Reksa Dana untuk Anda yang Sudah Berkeluarga
Jenis Investasi Jangka Panjang yang Bikin Kaya
Punya Kebiasaan Boros? Lakukan Ini Agar Bisa Investasi

2.    Pendapatan Tetap
Pendapatan tetap memiliki risiko yang lebih tinggi dari reksa dana pasar uang. Dalam praktiknya, jangka waktu yang disarankan untuk berinvestasi di instrumen ini adalah 1-3 tahun.

3.    Campuran
Modal dari investor reksa dana campuran akan ditempatkan di instrumen saham, surat utang (obligasi), serta pasar uang. Keuntungan produk ini tergolong besar. Namun tidak setinggi reksa dana saham.

4.    Saham
Jenis investasi reksa dana ini paling cocok untuk dijadikan tabungan jangka panjang seperti biaya pendidikan anak untuk ke perguruan tinggi, maupun persiapan dana pensiun. Dibandingkan dengan ketiga jenis lainnya, saham memiliki risiko paling tinggi. Namun memiliki potensi hasil yang paling besar.


Apa Investasi Reksa Dana yang Cocok untuk Anda?
Banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum berinvestasi di reksa dana. Salah satunya memerhatikan profil risiko yang bisa ditoleransi oleh investor.

Jenis Profil Risiko Investor
Konservatif

Tipe investor seperti ini biasanya tak muluk mengenai cuan yang bisa didapat. Paling penting buat mereka adalah reksa dana yang dipilih punya risiko paling minim. Tipe investor seperti ini cocok dengan reksa dana pasar uang.

Moderat
Investor tipe ini menginginkan potensi keuntungan yang lebih tinggi dari inflasi dan deposito dan sudah siap menerima fluktuasi harga saham jangka pendek. Investor seperti ini cocok dengan investasi reksa dana campuran yang memiliki karakterisik risiko relatif tinggi dan potensi cuan lebih besar dibandingkan reksa dana pasar uang.

Agresif
Sesuai namanya, investor agresif biasanya menginginkan keuntungan besar dari investasi reksa dana yang sedang dijalankan. Meski begitu, mereka juga sangat siap menerima konsekuensi merugi bila sewaktu-waktu ada penurunan harga saham.  Tipe ini cocok untuk berinvestasi di investasi reksa dana saham.

Anda dapat berinvestasi reksa dana di Sequis Asset Management. Silakan pelajari dahulu produk reksa dana Sequis dengan klik www.sequis.co.id. Tersedia pula materi edukasi untuk memudahkan Anda memahami reksa dana lebih dalam lagi. Jangan ragu untuk bertanya pada Sequis Personal Assistant untuk memastikan Anda memilih produk yang paling tepat. Anda juga dapat menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequisam.co.id.

Butuh bantuan ?