Mau Punya Asuransi Pendidikan, Apa Pertimbangannya?

29 April 2021


Pendidikan adalah salah satu investasi terbaik dalam hidup


Pendidikan adalah salah satu investasi terbaik dalam hidup. Sayangnya, bisa terkendala oleh masalah anggaran, mengingat biaya pendidikan rata-rata meningkat setiap tahun. Oleh sebab itu, sangat baik jika Anda memiliki asuransi pendidikan karena dengan asuransi pendidikan, Anda akan memiliki sejumlah dana untuk membantu anak leluasa memilih sekolah impiannya dan Anda pun siap dengan biaya yang dibutuhkan.

Saat Anda ingin membeli asuransi pendidikan, beberapa faktor yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda adalah:

Kebutuhan Dana Pendidikan Anak
Jumlah dana pendidikan yang dibutuhkan adalah hal penting diketahui sebelum membeli asuransi anak. Guna memudahkan perkiraannya, Anda sebaiknya menyusun rencana pendidikan anak. Hal itu bisa dilakukan dengan melibatkan istri/suami dan anak juga. Misal, tentukan sekolah yang akan dibidik, lokasi sekolah,  dan lain-lain. Memperkirakan biaya yang dibutuhkan serta menentukan produk asuransi pendidikan bakal terasa lebih mudah bila rencana telah disusun.

Evaluasi Keuangan Keluarga
Keuangan tentu bisa naik dan turun sebagaimana biaya hidup yang selalu berubah. Agar pendapatan dapat mencukupi kebutuhan dan bisa dimanfaatkan untuk membeli asuransi pendidikan, Anda perlu melakukan evaluasi keuangan termasuk anggaran untuk pendidikan. Baik jumlah yang dibutuhkan dan berapa yang mampu Anda sisihkan. Ini akan berpengaruh ke kemampuan Anda membayar premi asuransi pendidikan.  Melakukan evaluasi keuangan bisa membantu menentukan jenis asuransi pendidikan serta dapat membantu Anda memprioritaskan kebutuhan yang harus dipenuhi dan mana yang dapat ditunda. Ini juga berguna agar Anda tetap konsisten melakukan pembayaran premi asuransi pendidikan 
 
Fasilitas dan manfaat yang ditawarkan 
Ada begitu banyak produk asuransi pendidikan, cari tahu fasilitas dan manfaatnya apakah sesuai dengan perencanaan kebutuhan pendidikan anak. Jika saat ini anak masih SD dan sudah ingin mempersiapkan biaya kuliahnya sejak dini maka asuransi sebaiknya memiliki masa pertanggungan yang cukup lama.
 
Pembayaran Premi
Pastikan nilai premi asuransi pendidikan yang dipilih tidak memberatkan Anda. Itulah sebabnya mengapa perlu melakukan evaluasi anggaran keuangan untuk mengukur kemampuan finansial. Soal premi, cari tahu informasinya dengan lengkap termasuk jika terlambat membayar dan ketentuan dendanya. 

Ketentuan klaim asuransi
Cari tahu ketentuan pencairan klaim bila terjadi risiko yang dapat ditanggung oleh polis asuransi pendidikan tersebut. Misalnya, berapa lama prosesnya, siapa yang boleh melakukan klaim. Pastikan Anda paham prosesnya agar bisa segera memenuhi kebutuhan pendidikan anak dengan cepat.
 
Selain beragam pertimbangan itu, Anda juga harus mencermati perusahaan asuransi pendidikan yang akan dibidik. 

Cara Memilih Perusahaan Asuransi Pendidikan Terbaik
1. Memilih perusahaan asuransi yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
2. Perusahaan asuransi harus memiliki reputasi yang baik
3.Perusahaan asuransi harus memiliki informasi yang jelas dan detail di situs perusahaan maupun brosur produk

Baca Juga
Rekomendasi Asuransi Pendidikan Sequis
5 Keuntungan Memiliki Asuransi Pendidikan dari Sekarang
Langkah Awal Sebelum Memiliki Asuransi Pendidikan Anak
Jelang Tahun Ajaran Baru, Kenali Asuransi Pendidikan Terbaik
Asuransi Pendidikan VS Tabungan Pendidikan: Pilih yang Mana?

Jangan terburu-buru mengambil keputusan, luangkan waktu untuk mencari tahu dari berbagai sumber, seperti teman, keluarga, kerabat yang sudah memiliki asuransi pendidikan. Jika Anda ingin tahu dari sumbernya langsung, yaitu perusahaan asuransi, Sequis akan membantu Anda karena Sequis memiliki sejumlah produk asuransi pendidikan. Untuk lebih jelasnya, hubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929 atau e-mail ke care@sequislife.com.

Butuh bantuan ?