Tips Mencegah Gula Darah Naik Saat Lebaran



Lebaran identik dengan 'makan-makan'. Selain opor, lebaran juga kerap diisi oleh hidangan kue kering dan manisan. Bila terlalu kalap menyantap hidangan tersebut, kadar gula darah seseorang berpotensi naik drastis.

Menurut Eat This dan Kompas.com, gula darah yang naik secara drastis dan terus-menerus dapat mempersulit tubuh untuk memindahkan glukosa keluar dari aliran darah secara efisien. Selain itu, tubuh juga kesulitan memindahkan glukosa ke sel-sel guna menjadikannya energi. Kondisi ini sudah masuk tahap resisten insulin.

Bila terus dibiarkan, kadar glukosa dalam aliran darah yang sangat tinggi bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah, saraf, serta organ tubuh. Selain itu, kadar gula darah yang tidak terjaga bakal menyebabkan peningkatan risiko diabetes tipe 2, ketidakseimbangan hormon, dan gangguan energi.

Anda tentu tidak mau mengalami hal-hal buruk seperti itu. Agar tetap sehat setelah lebaran, ada baiknya melakukan beberapa tips berikut ini:

1. Rajin minum air putih
Sebisa mungkin mengurangi intensitas mengonsumsi minuman manis seperti teh manis, es sirup, serta es buah yang ditambahkan sirup serta kental manis. Sebagai gantinya, minum air putih sebanyak mungkin. Minum air putih secara konsisten sepanjang hari bisa membantu gula darah dalam tubuh tetap stabil. Idealnya, konsumsi air putih orang dewasa per hari adalah 8 gelas berukuran 230 ml atau total 2 liter.

2. Berhenti mengonsumsi camilan usai makan malam
Lebaran biasanya diisi dengan silaturahmi dengan keluarga atau kerabat yang sudah lama tak jumpa. Malah kadang, temu kangen bisa berlangsung hingga larut malam. Nah, sesi cengkrema biasanya dilakukan sambil makan camilan serta ditemani kopi manis, teh manis, atau minuman bersoda. Kebiasaan makan dan mengonsumsi camilan hingga tengah malah inilah yang bisa menimbulkan bahaya buat tubuh karena dapat memicu gula darah naik. 

Bila memang ingin makan camilan hingga tengah malam, sebaiknya konsumsi makanan sehat seperti sayuran (salad) atau buah segar seperti apel, jeruk, dan sebagainya.

3. Tahan diri untuk menambah porsi makanan
Ketupat/lontong sayur adalah makanan yang biasanya disajikan saat lebaran. Dengan rasa yang nikmat, rasanya setiap orang ingin mengonsumsinya hingga 2-3 piring.

Apakah Anda juga punya niat yang sama saat lebaran nanti? Sebaiknya tahan niatan itu. Sebab, ketupat/lontong mengandung jumlah karbohidrat yang sangat tinggi. Bila tubuh menerima terlalu banyak karbohidrat, tubuh akan mengubahnya menjadi glukosa. 

Selanjutnya, kadar gula garah/glukosa ini akan meningkat dan jauh lebih tinggi dari yang dapat ditangani oleh tubuh. Lalu, pankreas Anda harus memompa banyak insulin untuk membantu mengelola lonjakan glukosa. Insulin akan mengubah glukosa ini menjadi simpanan berbentuk lemak yang akan tertimbun pada tubuh seperti pada pinggang, perut, paha, dan sekitarnya.

Yuk jaga pola makan Anda selama lebaran. Dengan begitu, ancaman peningkatan kadar glukosa dalam aliran darah yang berujung diabetes bisa dihindari. Selain itu, usahakan pula agar Anda sudah terlindungi dari penyakit diabetes.

Baca Juga
Berat Badan Naik usai Lebaran? Waspada Penyakit Mengintai
Dapat THR? Jangan Dihabiskan Hanya untuk Lebaran
Makan Kalap saat Lebaran, Simak Tips Kecilkan Perut Buncit
Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat Sebelum Mudik Lebaran

Anda bisa mempertimbangkan memiliki produk asuransi Sequis, yakni Sequis Q Early Payout Critical Illness Plus Rider atau Sequis Q Infinite MedCare Rider. Keduanya memiliki manfaat yang bisa diandalkan. Bila memiliki Sequis Q Early Payout Critical Illness Plus Rider, Tertanggung akan mendapatkan Uang Pertanggungan (UP) sesuai ketentuan polis bila terjadi komplikasi akibat diabetes yang diderita. Produk ini memberikan penggantian pendapatan bila Tertanggung tidak bisa kembali bekerja karena penyakit komplikasi diabetes. 

Selain itu, produk ini juga menanggung biaya yang tidak di-cover oleh asuransi kesehatan. Sequis Q Early Payout Critical Illness Plus Rider juga memberikan manfaat sebesar 170% Uang Pertanggungan, dengan pembayaran total manfaat utama 100% ditambah dengan manfaat tambahan 70%.

Manfaat yang diberikan Sequis Q Infinite MedCare Rider tak kalah bagus. Produk ini akan menanggung biaya perawatan penyakit yang dialami Tertanggung hingga Rp90 miliar per tahun. Hebatnya lagi, produk ini menawarkan sistem pembayaran nontunai (cashless) di lebih dari 500 rumah sakit rekanan di seluruh dunia. Jadi bila mendadak sakit, Tertanggung dan keluarga tidak harus menyiapkan uang terlebih dahulu karena semuanya sudah langsung dibayarkan oleh perusahaan asuransi.

Butuh bantuan ?