Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Belajar dari Squid Game, Ini Beberapa Pelajaran Investasi

13 Desember 2021


Squid Game (Twitter - NetflixID)


Drama Korea Squid Game sempat populer dan sukses di kancah internasional. Bahkan Squid Game sempat menjadi serial dengan penonton terbanyak di layanan streaming Netflix. Terlepas dari kepopulerannya, ada beberapa pelajaran yang bisa kita petik dari drama tersebut. Salah satunya terkait kisah seseorang yang nekat bersedia melakukan hal berbahaya ketika sudah terdesak urusan finansial. 

Fenomena seperti itu mungkin terjadi dalam kehidupan nyata. Padahal, ada banyak cara untuk menghindari risiko tersebut. Salah satunya dengan melakukan investasi jangka panjang atau perencanaan keuangan yang matang. 

Berikut ada beberapa pelajaran finansial terutama terkait investasi jangka panjang yang bisa Anda petik dari drama Squid Game:

Baca Juga
Mengenal Problem Sandwich Generation & Cara Menghindarinya
Tips Simpel Melindungi Polis Asuransi Agar Tetap Aktif
Kaum Rebahan Ingin Punya Asuransi? Coba Find Agent Sequis
2 Hal yang Bikin Orang Tua Wajib Beli Asuransi Pendidikan
Beli Asuransi Kesehatan sebelum Covid-19 Varian Mu Menyebar

Tanpa Perencaaan Keuangan, Seseorang Berpotensi Terjerumus Keserakahan 

Setengah dari peserta Squid Game tewas di game awal. Setelah itu, penyelenggara menginformasikan bahwa ada sejumlah dana yang terkumpul dengan nilai fantastis. Pemain yang awalnya sudah berpikir untuk tidak melanjutkan permainan berubah pendirian dan memutuskan untuk melanjutkan permainan. Dari kisah ini bisa diambil pelajaran bahwa Anda tidak boleh digelapkan oleh keserakahan. Contohnya hal-hal seperti ini bisa Anda lihat ketika ada banyak orang yang terjerumus dalam scam investasi bodong dan sejenisnya. Padahal kejadian itu bisa dihindari bila seseorang sudah melakukan perencanaan keuangan yang matang dan investasi jangka panjang pada instrument yang tepat dan aman.

Baca Juga
4 Pelajaran Penting Kelola Keuangan dari Serial Squid Game
Ibu Gi Hun Squid Game Diabetes, Apa Asuransi yang Cocok?
Reksa Dana Agar Nasib Tidak Seperti Sang Woo di Squid Game
Pelajaran Investasi Jangka Panjang dari Hometown Cha Cha Cha

Strategi yang Matang Lebih Penting Daripada Kekuatan 

Game ketiga dalam Squid Game adalah tarik tambang yang membutuhkan komposisi tim yang kuat. Namun ternyata, permainan tarik tambang juga bisa dimenangkan dengan strategi yang matang. Hal ini juga bisa diaplikasikan saat kita merencanakan keuangan dan investasi jangka panjang. Dengan strategi yang tepat, seseorang juga bisa mendapatkan keuntungan yang besar walau hanya bermodal dana yang kecil. 

Tidak Harus Selalu Menjadi Orang Pertama dan Jangan FOMO  

Pelajaran penting lainnya adalah tidak harus selalu menjadi orang yang pertama dalam segala hal serta  jangan FOMO (Fear of Missing Out). Tanamkan dalam diri Anda bahwa tidak ada kata terlambat dalam melakukan perencanaan keuangan dan investasi yang paling penting adalah kesiapan dana dan kesiapan diri dalam diri Anda sebelum melakukannya. 

Butuh bantuan ?