Covid-19 Sudah Hampir 2 Tahun, Sudah Tahu Cara Buang Masker?

4 Januari 2022



Pandemi covid-19 sudah berada di Indonesia sejak 2020. Selama hampir dua tahun, masyarakat Indonesia diharuskan menggunakan masker agar meminimalkan penularan. Walau sudah berlangsung selama itu, sepertinya masih ada masyarakat yang belum tahu tata cara membuang limbah masker dengan benar.  
Membuang masker memang harus hati-hati dan dengan cara yang tepat. Sebab, membuang masker secara sembarang akan menimbulkan risiko kontaminasi. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) merekomendasikan untuk membuang masker sekali pakai ke tempat sampah segera setelah digunakan. Tak lupa untuk menggunting tali, potong masker menjadi dua bagian, lalu bungkus rapat dengan plastik. Itu harus dilakukan untuk menandakan masker sudah pernah dipakai dan menutup peluang orang tidak bertanggung jawab untuk mendaur ulang masker. Hal ini juga melindungi hewan di sekeliling agar tidak tersangkut pada tali masker bekas tersebut.

Baca Juga
Manfaat Asuransi di Ketidakpastian Ekonomi Pandemi Covid-19
Asuransi Kesehatan Syarat Berlibur ke Luar Negeri, Punya?
Menata Keuangan Keluarga Usai Hantaman Pandemi Covid-19
Ada Covid-19 Omicron, Panic Buying Bisa Kembali Muncul
Proteksi Kesehatan Sebelum Covid-19 Gelombang Ketiga Muncul

Selain itu, jangan membuang masker yang sudah digunakan ke tempat sampah berisi limbah daur ulang seperti kertas, kaleng, botol, atau karton. Dengan begitu, bahan-bahan tersebut tidak terkontaminasi penyakit atau virus ketika hendak didaur ulang.

Jangan pula menempatkan masker yang sudah digunakan di tempat sampah berisi sampah organik atau sampah rumah tangga seperti sampah buah-buahan, sayur, atau makanan yang tidak termakan. 

Nah, sebaiknya masker sekali pakai dimasukkan ke kantong plastik terpisah dan diikat dengan kuat sebelum ditaruh di tempat sampah. Bila perlu, plastik diberi label atau tanda yang menunjukkan berisi limbah medis.

Penanganannya agak sedikit berbeda bila masker telah dipakai oleh orang yang terinfeksi covid-19. Dalam kasus ini, masker pantang langsung dibuang ke tempat sampah. Sebaiknya, masker dibersihkan terlebih dahulu dengan disinfektan. Jangan lupa untuk cuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir agar Anda terbebas dari virus covid-19 yang menempel di masker.
 

Butuh bantuan ?