Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Beli Asuransi Pendidikan

24 September 2021



Setiap orang tua tentu ingin menghadirkan pendidikan yang terbaik untuk anaknya. Bahkan, sebagian orang tua sudah punya daftar paud hingga perguruan tinggi terbaik untuk buah hati. Dengan ambisi besar itu, orang tua memutuskan mulai menyiapkan dana pendidikan melalui asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan memang menjadi salah satu perencanaan keuangan yang dianjurkan agar orang tua bisa memberikan pendidikan terbaik untuk sang buah hati. 

Patut diingat, dana pendidikan berpotensi meningkat setiap tahun. Bahkan angka kenaikannya bisa mencapai lebih dari 10% per tahun. Itu baru uang pangkal dan SPP. Orang tua juga harus menyiapkan bujet untuk buku, seragam, hingga berbagai kursus penunjang lainnya. Semakin tinggi jenjang pendidikan anak, biaya yang harus Anda keluarkan kelak akan semakin besar. 

Sebelum membeli produk asuransi pendidikan, pahami dengan saksama manfaat dan risiko asuransi pendidikan. Memilih perusahaan asuransi juga harus dengan bijak. Jangan sampai rencana menempatkan anak di sekolah terbaik pada masa depan terhalang karena Anda membeli produk asuransi pendidikan yang kurang sesuai dengan kebutuhan atau memilih perusahaan asuransi yang salah. 

Baca Juga
Memahami Cara Kerja Asuransi Pendidikan
Cara Mendapatkan Asuransi Pendidikan Terbaik
Keuntungan Memiliki Asuransi Pendidikan Anak
Asuransi Pendidikan, Perlu atau Tidak?
Pilih Asuransi Pendidikan atau Tabungan Pendidikan?

Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk Anda sebelum membeli asuransi pendidikan:

1.    Perhatikan Reputasi Perusahaan Asuransi dan Produk Asuransi yang Ditawarkan 
Hal yang harus Anda lakukan sebelum memilih asuransi pendidikan adalah mencari tahu mengenai reputasi perusahaan asuransi maupun produk asuransi pendidikan yang hendak Anda beli. Pastikan perusahaan yang dituju sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Periksa pula laporan keuangan dari perusahaan asuransi tersebut untuk mengetahui kekuatan keuangannya. Hal ini bisa Anda lakukan dengan mengakses situs perusahaan.

2.    Memastikan Besaran Premi Sudah Sesuai Kemampuan Keluarga Anda
Jangan mengeksploitasi pendapatan Anda untuk membayar premi asuransi. Bayarlah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Anda perlu mempersiapkan anggaran dan memasukan alokasi bujet ini ke dalam perencanaan keuangan rumah tangga.

3.    Melibatkan Pasangan Anda dalam Mempersiapkan Dana Pendidikan 
Terasa lebih baik bila Anda dan pasangan transparan mengenai rencana pendidikan anak. Dengan begitu, Anda bisa berdiskusi mengenai rencana sekolah yang akan dituju serta besaran premi yang akan dibayar. 

Melalui beberapa tips tersebut semoga Anda dan pasangan bisa mempersiapkan dana pendidikan anak dengan baik. Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli asuransi Pendidikan Sequis. Bila tertarik, Anda dapat menghubungi Sequis melalui layanan live chat dengan Sequis Personal Assistant di www.sequis.co.id. Anda juga dapat menghubungi layanan konsumen Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 dan email ke alamat care@sequislife.com.

Butuh bantuan ?