Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Jenis dan Manfaat Asuransi Kesehatan untuk 2021

7 Oktober 2021



Asuransi kesehatan harus ada dalam rencana keuangan Anda, terutama di masa pandemi covid-19. Secara umum, jenis asuransi ini adalah salah satu produk keuangan yang menawarkan perlindungan kesehatan dengan menanggung berbagai biaya pengobatan termasuk tindakan medis yang diperlukan. Sama dengan asuransi lain, Anda harus membayar premi sesuai periode pembayaran yang Anda pilih pada awal pembelian.

Lantas, apa perlunya Anda memiliki asuransi kesehatan? Tahukah Anda, bahwa jenis asuransi ini bisa memberikan Anda beberapa manfaat. 

1.    Asuransi kesehatan memberikan Anda ketenangan. Sakit dan kondisi lain yang mengancam kondisi kesehatan bisa datang kapan saja. Dengan memiliki proteksi kesehatan, Anda bisa menjadi lebih tenang karena risiko finansial akibat biaya perawatan akan dialihkan ke perusahaan asuransi. 

2.    Kemudahan dalam memilih Rumah Sakit. BPJS kesehatan memiliki peraturan khusus terkait pemilihan rumah sakit. Ketika anggota JKN jatuh sakit, mereka tidak langsung dapat memperoleh perawatan di RS, namun harus terlebih dahulu memeriksakan diri ke Faskes I yang berupa puskesmas, dokter keluarga, maupun klinik. 

Bila jenis sakit dirasa cukup parah, maka akan dikeluarkan surat rujukan ke rumah sakit yang juga telah ditentukan, biasanya RS Negeri di daerah tempat tinggal. Hal ini sering membuat masyarakat merasa repot dan dinilai kurang efisien. Di asuransi kesehatan swasta, nasabah diberi kebebasan memilih tempat perawatan di rumah sakit rekanan perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia hingga di luar negeri. Saat tertimpa musibah sakit, anggota dapat langsung mengunjungi RS rekanan terdekat untuk segera mendapatkan perawatan atas sakit yang diderita. 

3.    Tersedianya manfaat tambahan yang menarik. Perusahaan asuransi swasta seringkali menambahkan manfaat asuransi kesehatan yang menarik dan sangat membantu nasabahnya. Hal ini juga dilakukan Sequis yang menambahkan manfaat terapi okupasi, wicara, bahkan pengobatan tradisional Tiongkok pada produk Sequis Q Infinite MedCare Rider

Ada berbagai jenis asuransi kesehatan yang bisa Anda miliki. Jenis asuransi ini biasanya dibedakan dari jenis perawatan yang tercakup di dalamnya. Anda harus memahami dengan baik agar dapat memaksimalkan manfaat asuransinya. 

Jenis asuransi berdasarkan perawatan: 
1.    Asuransi rawat inap
 
Menanggung semua biaya rawat inap seperti biaya harian kamar rumah sakit, dokter umum hingga dokter spesialis, pembedahan, perawatan harian, dan hal-hal lainnya yang terkait rawat inap. Banyak orang mengambil manfaat dari jenis asuransi ini karena memberikan perawatan maksimal dan pengawasan dokter lengkap dan pengawasan tim medis selama 24 jam. 

2.    Asuransi rawat jalan 
Biaya ini digunakan untuk menanggung biaya pembedahan pulang hari, pemeriksaan, dan seluruh biaya lainnya yang berhubungan dengan rawat jalan. Di asuransi kesehatan individu, biaya rawat jalan yang ditanggung adalah biaya rawat jalan sebelum dan sesudah rawat inap. Namun untuk asuransi kesehatan kumpulan, rawat jalan biasanya bisa dilakukan secara tersendiri, tidak perlu syarat sebelum dan sesudah rawat inap.  

Jenis asuransi berdasarkan siapa yang ditanggung: 
1.    Asuransi kesehatan individu

Perlindungan dan manfaat jenis asuransi kesehatan ini hanya berlaku untuk tertanggung yang disebutkan dalam kontrak asuransi saja. Asuransi ini tidak dapat dipindahtangankan dan digunakan oleh orang lain karena biaya premi yang dibayarkan disesuaikan dengan perhitungan risiko tertanggung. 

2.    Asuransi kesehatan kumpulan 
Berbeda dengan asuransi kesehatan individu, jenis asuransi ini memberikan perlindungan kelompok yang mecakup misalnya anggota keluarga atau satu perusahaan. Jadi setiap anggota keluarga atau anggota perusahaan mendapatkan perlindungan yang sama dari produk asuransi kesehatan kumpulan yang dimiliki.

Baca Juga
Manfaat Asuransi Kesehatan Terbaik
Urgensi Memiliki Asuransi Kesehatan Anak
Asuransi Kesehatan Sequis
Pahami Manfaat Asuransi Kesehatan
Hadapi Pandemi dengan Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi berdasarkan badan penyelenggara asuransi: 
1.    Asuransi swasta, jenis asuransi ini dikeluarkan dan dikelola oleh perusahaan asuransi swasta. Premi asuransi ini dibayarkan nasabah secara penuh oleh individu untuk asuransi personal maupun perusahaan untuk asuransi kumpulan. Biaya premi bervariasi sesuai dengan manfaat proteksi yang diterima tertanggung. 

2.    Asuransi pemerintah
Asuransi ini dikenal dengan nama BPJS Kesehatan yang dikelola pemerintah sebagai penyediaan jaminan kesehatan untuk masyarakat secara menyeluruh. Asuransi ini memiliki beberapa keterbatasan jika dibandingkan dengana asuransi swasta. Karena itu, selain memiliki BPJS, penting untuk Anda memiliki asuransi kesehatan swasta, kedua jenis asuransi ini bisa saling melengkapi manfaatnya. 

Nah, setelah Anda mengerti jenis asuransi kesehatan, sebaiknya jangan tunda untuk memilikinya. Mulai cari tahu beragam produknya melalui www.sequis.co.id atau hubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929 dan WhatsApp ke 08111 33 2222 atau email ke care@sequislife.com setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB.

Butuh bantuan ?