Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Manfaat Asuransi yang Sering Diabaikan

8 September 2021



Banyak orang masih meragukan manfaat asuransi. Mungkin karena masih ada anggapan bahwa asuransi itu mahal, klaim susah, uang pertanggungan atau nilai tunai yang didapatkan tidak sebesar premi yang sudah dibayarkan, dan beberapa pemikiran lainnya.  Padahal asuransi tidak seperti itu. Asuransi bisa menjadi “penyelamat” di kala sakit dan sebagai proteksi keuangan pada masa depan.
Membeli asuransi memang tidak seperti membeli makanan atau pakaian. Anda harus teliti ketika ingin membeli produknya. Dengan begitu, asuransi yang dibeli sesuai dengan kebutuhan jangka panjang Anda. 

Lantas, apa saja manfaat asuransi yang bisa didapatkan? 

1.    Manfaat asuransi yang utama adalah sebagai alat pengalih risiko finansial ketika mengalami musibah. Dalam praktiknya, perusahaan asuransi akan menanggung biaya untuk perawatan kesehatan Anda atau memberikan santunan kepada ahli waris jika Anda mengalami kecelakaan atau meninggal dunia. Dengan begitu, Anda bisa meminimalkan risiko kerugian finansial keluarga.

2.    Manfaat asuransi yang kedua adalah membantu mengatur keuangan. Ketika berasuransi, ada premi yang harus Anda bayarkan setiap bulan/tahun. Tindakan ini sebetulnya sudah membantu Anda untuk belajar mengatur keuangan, karena Anda bisa memilah-milah pengeluaran untuk kebutuhan prioritas dan jangka panjang. 

3.    Manfaat asuransi yang ketiga adalah memberikan ketenangan untuk masa depan.  Setidaknya, penggantian yang diberikan perusahaan asuransi dapat meringankan beban pengeluaran Anda dan keluarga di masa depan. 

4.    Bisa menjadi tabungan/investasi
Banyak produk yang memberikan manfaat asuransi berupa tabungan atau investasi berupa pengembalian dana investasi pada akhir kontrak asuransi. Bahkan nilai tunai investasi dapat Anda ambil saat dibutuhkan bila Anda memilih untuk memiliki asuransi unit link. 

Baca Juga
Manfaat Asuransi Kesehatan Terbaik
Urgensi Memiliki Asuransi Kesehatan Anak
Asuransi Kesehatan Sequis
Pahami Manfaat Asuransi Kesehatan
Hadapi Pandemi dengan Asuransi Kesehatan


Apa manfaat asuransi berdasarkan jenisnya?

1.    Asuransi jiwa memiliki manfaat asuransi berupa uang pertanggungan ketika risiko tutup usia datang. Siapa yang memerlukan asuransi ini? Yang utama adalah pencari nafkah untuk keluarga. 

2.    Asuransi kesehatan memberikan manfaat asuransi berupa penggantian biaya perawatan kepada tertanggung saat mengalami musibah sakit maupun kecelakaan. Tetapi Anda mesti cermat sebelum membelinya karena tidak semua kejadian terkait kesehatan akan ditanggung perawatannya. 

3.    Manfaat asuransi pendidikan, selain memberikan perlindungan jiwa terhadap pencari nafkah, asuransi ini juga memberikan nilai tunai dijamin yang bisa dipakai untuk biaya pendidikan anak Anda. 

4.    Mirip dengan asuransi kesehatan, asuransi penyakit kritis juga memberikan penggantian sebagian atau bahkan seluruh biaya perawatan kesehatan, tetapi untuk penyakit kritis yang ditanggung. Manfaat asuransi yang diberikan berupa biaya pengobatan atau uang pertanggungan yang dibayarkan lump sum setelah terdiagnosis pada tahap awal atau pada tahap lanjut. 

5.    Asuransi dana pensiun memberikan manfaat asuransi berupa uang pertanggungan yang bisa Anda klaim di akhir kontrak asuransi. Tetapi bila tertanggung tutup usia pada masa asuransi, manfaat asuransi akan diberikan kepada ahli waris. 

Pemilihan dan pembelian produk asuransi yang tepat bisa memberikan manfaat asuransi yang optimal dan menyeluruh untuk Anda dan keluarga. Segera cari tahu rangkaian produk-produk asuransi Sequis di www.sequis.co.id. Jika ada pertanyaan mengenai produk, Anda bisa menghubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929 dan WhatsApp ke 08111 33 2222 atau email ke care@sequislife.com setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB.
 

Butuh bantuan ?