Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Punya Asuransi Pendidikan Jelang Tahun Ajaran Baru



Tahun ajaran baru 2023 bakal segera dimulai. Menurut laporan beberapa media massa nasional, tahun baru ajaran 2023-2024 bakal digelar pada pertengahan Juli 2023. Tentunya, hari pertama masuk sekolah di tahun ajaran baru 2023 bisa berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya.

Tahun ajaran baru rasanya punya kaitan erat dengan biaya pendidikan. Bagi siswa yang naik kelas, biaya pendidikan yang harus disiapkan orang tua mungkin tidak membuat 'kantong jebol'. Situasi berbeda dihadapkan oleh orang tua dengan anak yang baru naik jenjang pendidikan di tahun ajaran yang baru. Ada puluhan juta Rupiah yang harus dikeluarkan orang tua untuk membayar biaya uang pangkal, seragam, pembangunan, semester, dan lainnya.

Biaya-biaya itulah yang kadang membuat banyak orang tua pusing. Biasanya, orang tua yang seperti itu tidak menyiapkan dana pendidikan anak sejak jauh hari. Padahal, pusing menyiapkan dana pendidikan anak bisa dihindari bila para orang tua membeli asuransi pendidikan.
 
Apa yang dimaksud dengan asuransi pendidikan?
Asuransi pendidikan adalah jenis asuransi yang dirancang khusus untuk membantu mengamankan pendidikan anak-anak. Tujuannya adalah untuk memberikan dana yang cukup saat anak-anak mencapai usia yang ditentukan untuk membiayai pendidikan mereka, baik itu untuk pendidikan tingkat sekolah dasar, menengah, atau perguruan tinggi.

Baca Juga
Memahami Cara Kerja Asuransi Pendidikan
Kiat-kiat Memahami Polis Asuransi Pendidikan Anak
Memilih Asuransi Pendidikan, Apa yang Harus Diperhatikan?
Pilih Asuransi Pendidikan atau Tabungan Pendidikan?
Jelang Tahun Ajaran Baru, Kenali Asuransi Pendidikan Terbaik

Bagaimana cara kerja asuransi pendidikan?
Asuransi pendidikan memberikan perlindungan jiwa dan investasi. Premi yang dibayarkan oleh pemegang polis digunakan untuk memberikan perlindungan jiwa bila tertanggung meninggal dunia. Selain itu, sebagian premi juga diinvestasikan oleh perusahaan asuransi untuk menghasilkan keuntungan yang akan digunakan untuk membiayai pendidikan anak pada masa depan. Setelah masa kontrak berakhir, dana investasi dapat diuangkan atau digunakan untuk membiayai pendidikan. Misal, ketika anak masuk SD, SMP, SMA, atau Perguruan Tinggi.

Apa yang harus diperhatikan sebelum memilih asuransi pendidikan?
Langkah pertama yang paling penting adalah mengenali produk yang ingin diambil. Dengan begitu, Anda akan dengan mudah mengenali kelemahan dan kelebihan setiap produk.
Selanjutnya, pilih penyedia layanan asuransi yang kredibel dan tepercaya. Usahakan diskusi dengan agen agar Anda mendapatkan produk yang tepat. Biasanya agen akan membuat ilustrasi agar Anda memahami manfaat produk yang akan Anda ambil.

Biaya pendidikan selalu naik setiap tahun. Inflasi yang terlampau tinggi diprediksi akan membuat biaya kuliah di universitas favorit di Indonesia mengalami kenaikan hingga Rp 40-60 juta pada lima tahun mendatang. Nah, dengan memiliki asuransi pendidikan, Anda tak perlu risau memikirkan biaya sekolah anak. Pendidikan anak juga akan terjamin dari SD, SMP, SMA, hingga Universitas. Dalam praktiknya, biaya pendidikan akan tetap dibayarkan oleh perusahaan asuransi walau orang tua selaku pemberi nafkah mengalami musibah kecelakaan yang menyebabkan cacat atau meninggal dunia.

Butuh bantuan ?