Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Hal yang Harus Dicermati Sebelum Pilih Asuransi Rawat Jalan

9 Januari 2023



Banyak orang yang sudah memiliki asuransi kesehatan. Namun biasanya, asuransi kesehatan yang dimiliki hanya memberikan pertanggungan untuk rawat inap. Jarang ada yang melengkapi perlindungannya dengan tambahan manfaat rawat jalan.

Baca Juga
Tips Memilih Asuransi Rawat Jalan
Beragam Keuntungan Memiliki Asuransi Rawat Jalan
Hal-hal yang Wajib Ada di Asuransi Rawat Jalan
Keuntungan Memiliki Asuransi yang Menanggung Rawat Jalan
Asuransi Rawat Jalan atau Rawat Inap, Pilih yang Mana?

Asuransi rawat jalan memberikan jaminan perlindungan atas biaya pengobatan yang dilakukan tanpa perawatan dan penanganan khusus di rumah sakit seperti pemeriksaan gigi, mata, dan sakit lainnya yang dianggap masih dapat disembuhkan dengan perawatan di rumah saja. Biasanya, komponen biaya yang ditanggung oleh asuransi rawat jalan adalah biaya kontrol, biaya obat-obatan, laboratorium, dan masih banyak lagi tergantung polis asuransi.  

Memilih Asuransi Rawat Jalan
Sama seperti jenis asuransi lainnya, memilih asuransi rawat jalan juga harus penuh pertimbangan. Usahakan asuransi yang dipilih sesuai kebutuhan dan bujet Anda.

1. Premi
Memiliki asuransi rawat jalan yang bisa menanggung beragam penyakit memang menyenangkan. Namun pastikan premi asuransi rawat jalan yang akan Anda pilih tidak memberatkan arus finansial. Silakan diskusi dengan agen asuransi dan beberkan kebutuhan dan kondisi keuangan Anda pada saat ini. Nantinya, agen asuransi akan memberikan rekomendasi produk asuransi rawat jalan yang tepat untuk Anda.

Baca juga
Manfaat Asuransi Kesehatan Terbaik
Pertimbangkan Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik
Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik
3 Kriteria yang Harus Dimiliki Asuransi Kesehatan Terbaik
Asuransi Kesehatan yang Baik dari Sequis

2. Proses Klaim
Proses klaim asuransi rawat jalan juga terbagi dua, yakni dengan sistem cashless dan reimbursement. Untuk reimburse, Anda harus membayarkan biaya perawatan rumah sakit dengan uang pribadi terlebih dulu setelah itu mengajukan klaim ke perusahaan asuransi.

Proses klaim sistem cashless lebih mudah. Nasabah hanya perlu menunjukkan kartu kepesertaan asuransi ke bagian administrasi rumah sakit rekanan. Setelah itu, pihak rumah sakit yang akan mengajukan tagihan ke perusahaan asuransi.

3. Manfaat Asuransi
Cek manfaat yang ditawarkan dari tiap produk asuransi rawat jalan. Asuransi rawat jalan umumnya memberikan penggantian biaya kontrol dokter, obat-obatan, dan laboratorium. Bila memang diperlukan, silakan cari produk asuransi rawat jalan yang juga menanggung biaya dokter gigi dan mata. Lalu, cek rumah sakit rekanan dari asuransi yang bakal dipilih. Pastikan asuransi rawat jalan tersebut sudah menjadi rekanan dengan rumah sakit yang dekat dari rumah/kantor Anda. Dengan begitu, asuransi bisa digunakan ketika Anda membutuhkan perawatan dan pengobatan secara cepat.

Butuh bantuan ?