Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Masuk Semester 2 2022, Resolusi Finansial Sudah Terealisasi?

22 Juni 2022



Semester pertama 2022 sudah mau berakhir. Bagaimana dengan resolusi yang pernah Anda buat pada awal tahun? Apakah sudah ada yang terealisasi? 

Tahun baru memang identik dengan resolusi baru. Ada yang punya resolusi terkait karier, percintaan, dan kesehatan. Selain ketiga hal itu, ada pula yang memasukkan resolusi finansial sebagai target pada tahun baru. 

Namun, resolusi finansial dan semua rencana-rencana tersebut bakal sekadar menjadi wacana bila tidak ada komitmen yang kuat. Tanpa elemen penting itu, seseorang bakal terus mengulang cerita sedih 'kejatuhan finansial'.

Menurut sejumlah pakar keuangan, kejatuhan finansial biasanya disebabkan oleh kebiasaan yang tidak disadari. Misal, jajan kopi setiap hari, tidak mencatat pemasukan dan pengeluaran, serta bergantung ke pinjaman online yang membuat 'gali lubang tutup lubang' terjadi setiap bulan. Bisa pula dikarenakan faktor eksternal seperti bencana atau peristiwa di luar kendali seseorang yang berdampak besar terhadap keuangan seperti sakit dan kematian.

Baca Juga
Tips Menjaga Kesehatan Agar Tidak Mudah Sakit saat Pancaroba
Lakukan Hal Ini Agar Virus Covid-19 Tak Muncul di Kantor
Hal yang Perlu Diketahui Tentang Covid-19 Varian Omicron
Covid-19 Omicron Masuk Indonesia, Asuransi Makin Diminati
Omicron Tiba, Yuk Lindungi Diri dan Rutin Konsumsi Vitamin C

Yuk, guna menyambut sempester 2 2022, perbaiki perencanaan keuangan Anda agar resolusi tahun ini tak lagi menjadi sekadar wacana. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan: 

Hemat Pengeluaran & Bayar Utang
Resolusi keuangan belum terealisasi selama semester pertama 2022? Berarti ada tata kelola keuangan yang perlu Anda ubah secara drastis. Mulai sekarang, usahakan rutin menyisihkan sebagian gaji untuk setiap pos keuangan. Lalu, usahakan untuk berhemat. Ingat, berhemat bukan berarti tidak memanjakan diri sendiri. Anda masih bisa membeli kopi ‘kekinian’ namun dengan intensitas yang dikurangi. Lalu, bisa pula berhemat dengan cara bawa bekal makan dari rumah dan mengurangi intensitas nongkrong.

Selain berhemat, prioritaskan uang Anda untuk membayar cicilan/utang. Usahakan lunasi setelah gaji diterima. Dengan begitu, Anda sudah menjalankan kewajiban dan lebih mudah mengelola uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga
Menjadi Pahlawan Finansial Bagi Keluarga
Asuransi Kesehatan Adalah Jalan Menuju Kebebasan Finansial
Bahaya Penyakit Kritis untuk Kesehatan dan Finansial

Mulai Berinvestasi
Mulailah menabung dan berinvestasi. Bagi pemula, bisa dengan berinvestasi di produk yang rendah risiko, seperti obligasi, reksa dana pasar uang, dan reksa dana pendapatan tetap. Bila sudah makin mahir, Anda bisa naik kelas ke investasi yang berisiko lebih tinggi seperti investasi saham.

Memiliki Asuransi
Usahakan memiliki asuransi kesehatan dan asuransi jiwa pada tahun ini. Asuransi kesehatan bakal melindungi kesehatan dan finansial Anda bila sewaktu-waktu sakit. Sedangkan asuransi jiwa bisa melindungi finansial keluarga bila Tertanggung mengalami musibah.

Cari Tambahan Pendapatan
Bila memiliki kesempatan, silakan mencari pendapatan tambahan selain dari gaji tetap bulanan. Mendapatkan tambahan penghasilan bisa dari membuat blog, menjadi 'reviewer" di YouTube, menjadi freelancer, hingga menjalankan bisnis dan jualan di e-commerce.

Jalani semua tips tersebut dengan tekad yang kuat. Dengan begitu, kejatuhan finansial hanya akan menjadi masa lalu yang berubah menjadi kebebasan finansial pada masa depan.

Butuh bantuan ?