Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Penjelasan Tentang Premi Asuransi, Dijamin Langsung Ngerti

9 Maret 2023



Asuransi kesehatan tidak lepas dari premi. Sekadar informasi, premi adalah sejumlah uang yang wajib dibayarkan oleh nasabah agar asuransi yang dimiliki tetap aktif dan manfaat bisa didapat.

Premi dibayarkan pada periode tertentu dan jumlahnya sudah ditentukan sejak awal. Jumlah premi asuransi tiap nasabah berbeda. Tergantung hasil penilaian yang sudah dibuat oleh perusahaan asuransi.

Baca Juga
Tips Mendapatkan Asuransi dengan Premi Murah
Mengenal dan Menghitung Premi Asuransi Kesehatan
Asuransi Terbaik Tidak Selalu Memiliki Premi Mahal

Lantas, apa yang memengaruhi biaya premi tiap nasabah? Berikut ini beberapa faktor yang menentukan besaran premi asuransi.

1. Besaran premi tergantung produk asuransi yang dipilih
2. Jumlah uang pertanggungan
3. Orang yang sudah memiliki penyakit bawaan atau turunan
4. Orang dengan gaya hidup yang kurang sehat seperti merokok
5. Orang yang memiliki kelebihan berat badan berpotensi  membayar premi asuransi kesehatan lebih mahal ketimbang nasabah dengan berat badan normal. Ini terjadi karena perusahaan asuransi menganggap seseorang dengan berat badan berlebih memiliki risiko kesehatan yang besar.  

Premi asuransi memiliki nilai yang berbanding lurus dengan layanan yang berhubungan dengan kesehatan seperti kunjungan dokter, rawat inap, resep, biaya kamar, obat-obatan dan lainnya. Semakin kecil biaya premi, makin kecil perlindungan yang diberikan dan sebaliknya.

Pembayaran premi memiliki tanggal jatuh tempo dan masa tenggang. Perusahaan asuransi berhak menangguhkan atau membatalkan pertanggungan bila nasabah belum membayar premi hingga akhir masa tenggang.

Baca Juga
Manfaat Asuransi Kesehatan Terbaik
Urgensi Memiliki Asuransi Kesehatan Anak
Asuransi Kesehatan Sequis
Pahami Manfaat Asuransi Kesehatan
Hadapi Pandemi dengan Asuransi Kesehatan

Mempertimbangkan premi
Masyarakat sering salah kaprah dengan membeli asuransi kesehatan berdasarkan premi yang ditawarkan. Asuransi yang menawarkan premi paling murah biasanya menjadi pilihan. Padahal, premi murah tak selalu jadi jaminan manfaat yang diberikan cocok untuk Anda. Berikut informasi  mengenai premi yang perlu Anda ketahui:
1.    Jangan hanya melihat harga premi saat memilih asuransi kesehatan. Pertimbangkan juga jumlah manfaat  yang ditawarkan.
2.    Pilihlah asuransi kesehatan yang sesuai kebutuhan. Besar/kecil manfaat dan premi asuransi harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
3.    Jangan hanya membandingkan premi yang harus dibayarkan. Anda juga harus mempertimbangkan kemudahan klaim hingga rekam jejak perusahaan (bisa dilihat di situs perusahaan).

 

Butuh bantuan ?