Memiliki Penyakit Bawaan, Bisa Upgrade Asuransi Kesehatan?

22 Juni 2022



Pre-existing condition merupakan kondisi kesehatan yang sudah ada (penyakit bawaan) sebelum calon nasabah memiliki atau upgrade asuransi kesehatan. Nah, mengajukan asuransi saat sudah sakit memang tidak semudah ketika Anda masih sehat dan bugar. Kemungkinan besar, Anda diharuskan melewati sejumlah tahapan terlebih dahulu, misal tes laboraturium atau investigasi lainnya yang bisa dipakai untuk keterangan kondisi pemegang polis.

Baca Juga
Penyakit yang Berpotensi Tidak Ditanggung Asuransi Kesehatan
Jangan Remehkan Komorbid: Cek Kesehatan dan Punya Asuransi
Mengenal dan Menghitung Premi Asuransi Kesehatan

Setelah itu, perusahaan asuransi biasanya akan memberikan beberapa syarat yang harus Anda patuhi bila ingin memiliki asuransi kesehatan. Syaratnya antara lain: 

1.    Memiliki asuransi kesehatan dengan pengecualian. Misal, perusahaan asuransi tidak akan menanggung biaya yang ditimbulkan bila penyakit yang pernah Anda derita kembali kambuh.
2.    Memiliki asuransi kesehatan dengan premi yang lebih mahal.
3.    Bersedia menjalani masa tunggu untuk beberapa penyakit kritis yang sudah pernah diderita. Untuk hal ini, kebijakan tiap perusahaan asuransi berbeda. Ada yang memberlakukan masa tunggu untuk penyakit jantung selama satu tahun. Ada pula yang dua tahun. Jadi masa tunggu tersebut, nasabah tidak bisa mendapatkan manfaat dari asuransi kesehatan bila mengalami penyakit jantung.

Baca Juga
Beli Asuransi Kesehatan sebelum Covid-19 Varian Mu Menyebar
Cara Cegah Ngantuk Usai Vaksinasi Covid-19
Rekomendasi Hampers di Masa Pandemi Covid-19
Bongkar Mitos Covid-19 & Bagaimana Melawannya?
Pemerintah Tanggung Covid-19, Perlu Asuransi Kesehatan?
Mitos yang Pernah Beredar Mengenai Covid-19
Ibu Hamil Bisa Divaksin Covid-19, Apa Saja Syaratnya?

Lantas, bagaimana bila perusahaan asuransi sudah mengabulkan permohonan pengajuan asuransi nasabah pre-existing condition dan nasabah ingin upgrade manfaat?

Setiap perusahaan asuransi tentunya memiliki aturan masing-masing terkait hal itu. Namun biasanya, perusahaan asuransi bakal tetap menanggung biaya yang ditimbulkan dari klaim (misal: diabetes, jantung, dll) nasabah. Namun, jumlah yang dibayarkan bukan dengan manfaat yang sudah di-upgrade. Manfaat yang dibayarkan tetap menyesuaikan manfaat-manfaat di polis awal dengan mengikuti pengecualian serta masa tunggu yang berlaku.

Baca Juga
Manfaat Asuransi Kesehatan Terbaik
Urgensi Memiliki Asuransi Kesehatan Anak
Asuransi Kesehatan Sequis
Pahami Manfaat Asuransi Kesehatan
Hadapi Pandemi dengan Asuransi Kesehatan

Sebetulnya, ada cara mudah agar pengajuan asuransi dan upgrade manfaat Anda lebih mudah, yakni memiliki asuransi kesehatan selagi masih sehat. Dengan mengajukan asuransi saat sehat, Anda juga berkesempatan mendapatkan produk asuransi kesehatan dengan manfaat optimal dan premi yang terjangkau.

Sequis menyediakan produk-produk asuransi kesehatan dan asuransi penyakit kritis yang siap melindungi kesehatan serta finansial Anda. Bila memerlukan bantuan untuk menentukan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial, silakan berkonsultasi dengan Sequis Personal Assistant di sequis.co.id. Anda juga bisa menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com. Sequis juga dapat dihubungi lewat sosial media melalui Fan page di Sequislife OFFICIAL, Twitter @SequisOFFICIAL, dan Instagram @sequisofficial.
 

Butuh bantuan ?